Detil

PERAWATAN P1 KERETA API KERTALAYA PALEMBANG

Pelaksana PT. IMS Service sedang melakukan pengecekan

Horn dan Wiper kereta api Kertalaya

 

            Kereta api Railbus Kertalaya yang beroprasi di area Palembang ini merupakan kereta api Railbus pertama yang pernah diproduksi oleh PT. INKA (Persero) pada tahun 2009. Selain kereta api pertama yang dibuat olehPT. INKA (Persero) Kertalaya juga merupakan kereta api railbus pertama yang ada di Indonesia. Nama dari kereta itu sendiri diambil dari ujung stasiun tujuan yaitu Kertapati yang berada di Jl. Kemang Kertapati, Kertapati, Kota Palembang, Sumatera Selatan dan Indralaya yang berlokasi di Tj. Pering, Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan dekat Universitas Sriwijaya.

 

 

            Kereta api Kertalaya terdiri dari 3 kereta dalam 1 rangkaian/ set dan memiliki keunikan dibanding kereta api lainnya. Railbus pertama yang diproduksi PT. INKA (Persero) ini memiliki satu gandar roda di bagian ujung kereta. Untuk sistem penggeraknya itu sendiri Kereta Api Kertalaya termasuk golongan KRDE (Kereta Rail Disel Elektrik)

            Dalam proses perawatannya PT. INKA MULTI SOLUSI SERVICE (IMSS) yang merupakan perusahaan afiliasi dari PT. INKA telah ikut andil selama 4 tahun terakhir. Sebelum perawatan dipegang oleh PT. IMS Service kereta api Kertalaya dirawat langsing oleh PT. INKA (Persero). Kereta api Railbus Kertalaya termasuk salah satu kereta api yang berteknologi tinggi. Sehingga dalam merawat kereta api tersebut dibutuhkan personil yang berkompeten dan bersertifikasi. Dengan usianya yang hampir 10 tahun Kereta Api kertalaya masih bisa beroprasi dengan baik.